Subscribe to RSS Feed

Kipas processor Laptop HP Pavillion DV2 1203AU

Friday 5 August 2011 by Zulmaidi

Tanggal 02 Agustus 2011

Kipas processor Laptop HP DV2 1203AU

Kira - kira sudah 4-5 bulan ini laptop saya dialih fungsikan sebagai penghias lemari, dan nyaris ane jadikan gantungan kunci. kenapa tidak kawan,,,,sudah segala daya upaya yang ane lakukan untuk mengatasi kipas processor yang mati, sebenarnya tidak mati - mati amat sih, gini loh kalau di ibaratkan kaya orang ayan atau mungkin kaya orang kecelakan motor minggu lalu yang disaksikan ma adek ane, kejang - kejang lalu "is dead" karena tulang tengkoraknya menghantam aspal dengan sangat keras shingga remukan atau serpihan tulang tengkoraknya bertancap ria di dalam otak. lalu mati,,,,,! Innalillahi wa innalillahi raji'un......
ya,,,kira - kira seperti itulah nasib kipas procesor laptop ane. muter ndut - ndutan kemudian mati total begitu seterusnya. sudah cukup banyak cara dan daya upaya yang saya lakukan untuk mengatasinya dari servis sendiri hingga menganti dengan yang baru. kedua opsi tersebut tak bisa terealisasikan, mulai dari ganti yang baru terkendala dari barang yang kosong. kira - kira sudah 3 bulan saya menunggun stock barang dari dealer resmi HP,,,hasilnya nihil. stok habis walaupun ada harganya selangit hampir 1 juta hanya untuk kipas procesor yang ukurannya kecil kaya upil kecuali upil gajah gedelah*mang abang pernah liat upil gajah. :). saya pikir tak sebanding dengan harganya selain itu budget ane terbatas. pilihan untuk ganti baru sama sekali impossible untuk dilakukan. dan pilihan yang paling masuk akal dan sangat mungkin dilakukan adalah servis secara mandiri. dan ini juga punya kendala besar hampir 2 minggu saya otak - atik dan hasilnya kosong.
karena suntuk melanda dan putus asa berkepanjangan mendekati stadium 4. tidak ada pilihan lain selain laptop ane untuk sementari jadi hiasan lemari dan diistirahatkan. kira - kira selama kurung waktu 2 bulan saya cari informasi mengenai cara untuk mengservis ataupun alternatif pengantinya,,,,mbah google jadi tempat yang baik untuk curahan hati saya. mbah google sangat setia mennemani saya dalam pencarian secara online. 3 bulan telah berlalu karena minimnya postingan mengenai kipas tersebut lagi - lagi usaha ane tak membuahkan hasil*ngelus dada pake setrika...:)

Dan akhirnya dengan sedikit kesabaran maka saya dapat mengetahuai cara mengservisnya secara mandiri.
ini berkat perenungan 7 hari 7 malam dikuburan keramat didesa kami ditambah dengan puasa putih - putih yang ane jalani, dimalam ketujuh ada bisikan gaib yang ane sebut wangsittttttttttttttt......*"T" nya ga sebegitu banyaknya KALIiiiii,,,,,Dan didapat kesimpulan dari bisikan tersebut adalah Anda harus dapat mengandalkan diri anda sendiri percayalah akan kemampuan diri sendiri, gitu katanya. Betul juga sih.....dengan kemampuan yang saya punya saya pasti bisa. saya punya dasar - dasar yang bagus tentang elektronik*congkak ceritanya ni bang...:). dengan sedikit pengetahuan tentang laptop walaupun sebelumnya belum pernah bongkar laptop.

mengservis kipas dan menbongkar laptop adalah pilhan yang beresiko tinggi mengingat minim akan pengalaman bisa - bisa bagus ga dapat malah tambah parah ,,,,,,,
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Langkap pertama membongkar casing laptop, dikarenakan minimkan pengetahuan maka yang saya dapatkan adalah keasing tergores hingga berlobang akibat congkelan obeng. weleh,,,weleh,,,,tapi tenang kawan tak begitu parah kok, hanya compelan kecil.

HP DV2 1203
cukup sulit membuka casing laptop HP dv2 1203, karena desain laptop ini begitu minimalis dengan tingkat mobilitas tinggi. oleh sebab itu hal - hal yang tak penting tak begitu ditonjolkan.termasuk letak - letak mur yang di sembunyikan. Dengan sedikit melakukan tindakan pengintipan, perabaan dari ujung ke ujung serta pencongkelan dengan hasil,,,,, laptop ane combel - combel. dan akhirnya ane dapat titik sensitifnya yaitu,,,,,,

dan ternyata untuk membuka casing utama yang memisahkan antara mesin (motherboard, procesor, kipas, dll) dengan casing, yaitu kuncinya terletak dibelakang keyboard, murnya berada dibelakang keyboard so,,,,kawan harus mencongkel keyboard terlebih dahulu.


Setelah keyboard di singkirkan
Tanda panah merupakan points mur/titik mur. anda harus membukanya mengunakan obeng.

Dudukan kipas procesor, setelah casing utama dilepas.
kipas procesor.
bongkar kipas, kemudian lepas satu persatu bagian dalamnya. mulai penutup kipas hingga rotor dan mangnet permanet yang berupakan bagian dari perangkat sistem motor.

bentuk casing kipas procesor
kondisi kipas sebelum di lakukan pemisahan antara rotor dan magnet.
Kipas setelah dibongkar memisahkan antara rotor dan magnet permanent.
setelah dilepas bagian per bagian maka bersihkan lah batang besi yang terdapat dalam kipas (di antara magnet permanen) dengan minyak pelumas (oli), kemudian jangan lupa rotor yang juga dibersihkan. biasanya motor/kipas dipenuhi dengan debu,,,,,,

dan setelah semua step dilakukan dengan benar maka insyallah kipas processor yang sebelumnya ndut - ndutan maka akan kembali berputar dengan lancar dan mulus. THX

15 comments:

  1. tyas
    24 August 2011 at 11:01

    kesan stlh membaca adlh "Nekat" . untungx berhasil meski laptop combel-combel. klo mau gampang dikirim ke service center. tp buat apa ilmu km yo klo ga dimanfaatin. salut deh :)

  1. Zulmaidi
    27 August 2011 at 23:03

    saya prnh mendengar bahwa :
    Orang bodoh kalah sama Orang pintar.
    Orang pintar kalah sama Orang cerdas.
    Orang cerdas kalah sama Orang beruntung.

    Orang Nekat kalah sama Orang Gila.
    (brarti saya trmasuk yg ini dunk. weleh,,,weleh,,,cman org gila yg bsa ngalahin. So,,,,saya dan org gila cman 11, 12 aj. ) haa,,,,*parah,,,,,:))

  1. faisal
    30 August 2011 at 01:19

    mantap ni, tapi cara mencongkel keyboard agar tidak combel gimana bro

  1. Anonymous
    6 September 2011 at 16:56

    Untuk kebyboardnya, gak di congkel Mas, tapi yang seperti pengunci di atas keyboard, di geser ke arah atas... sambil di ungkit keyboarnya

  1. Zulmaidi
    8 September 2011 at 16:58

    terimakasih masukannya mas. masalah keyboard mmg mnjdi masalh utama dlm membongkar laptop. dn harus ditangani dgn sangat hati2.

    Keyboardnya memang ad. penguncinya yg ckp byk kira2 6 pengunci utk tipe laptop sprti pnya sya.
    dan pengunci bagian atas laptop lah yg harus dibuka ato diungkit terlebih dhulu. krna itu merupakan titik awal pembuka

  1. Anonymous
    24 September 2011 at 15:08

    http://sparepartlaptop.com/hp-compaq/
    check,,,
    dont be reckless

  1. Alamsyah
    17 December 2011 at 22:49

    mantap postingannya bro. tdk sia2 nih laptopnya combel2 tapi ilmunya bermanfaat. setidaknya mencegah laptop sy ikut combel. thank bro
    http://aan-appraiser.blogspot.com/

  1. Jeri AT
    29 December 2011 at 20:16

    Mas zaidi, terimakasih ilmu nya sangat bermanfaat, tapi saya ada beberapa bagian yang belim paham yaitu bagaimana cara melepas kabel kipas dari motherboad nya? dan juga bagaimana cara memisahkan bagian rotor dan magnet kipas? saya sudah coba2 tapi belum berhasil mas, mohon penjelasanya lagi :)
    Terimakasih

  1. Anonymous
    21 January 2012 at 11:36

    Mohon cara copot keyboard di detilkan lagi pake gambar.
    Terus cara masang nya kembali bagaimana...???
    Thanx

  1. Zulmaidi
    4 February 2012 at 19:04

    mhon maaf kpada temen2 blogger yg komentarnya blm trbalaskan. akhir2 ini saya sibuk sekali. hingga blm bsa merespon comment temen2. untuk masalah detil cara pembukaannya. saya rasa itu sudah cukup detail. dn saya hanya pnya itu, tdk ad yg lain lg.

  1. Anonymous
    16 April 2012 at 08:22

    mau tanya donk..???
    kalo untuk laptop lainnya bisa gk..??
    Cz laptop sya merek Dell...

    tolong beri pencerahannya....

  1. Anonymous
    3 August 2012 at 10:24

    di upload di you tube video tutorialnya...

  1. kang bejo
    17 August 2012 at 06:00

    maturnuwun bagi bagi ilmunya mas...permasalaha saya lain lagi nih yaitu bila laptop aku restar dan dia on lagi gambarnya akan ngeblank putih atau garis2 berwarna..pernah aku bawa ke tempat servis katanya LED rusak..okey tukar lah..harga LED pun hampir 1 juta...singkat cerita siaplah..baru sampai rumah ternyata seperti itu lagi..dan aku bawa kembali ketempat servise dan suruh mencopotnya n pasang seperti semula..sampai2 laptpku bocel bocel..n aku bawa ketempat servis..jawabanya katanya LED rusak...sepengetahuanku kalau Lcd atau led atau layar scren rusak ia langsung tidak bisa dipakai..tapi setelah laptop saya matikan dg paksa,yaitu menekan power off n on lagi ia akan baik baik saja..hampir setahun saya memakainya begitu..agaknya perlu ide gila..atau mungkin ada yg tau resolusinya...thaks

  1. Anonymous
    29 November 2012 at 22:16

    nanggung tutorial ny...yang paling rawankan dalam membuka/melepas keyboard..malah disitu gak dapat penjelasan...sama aja dengan menjebak...

  1. Unknown
    4 December 2012 at 18:25

    cobain dhe mudah-mudahan jadi

Post a Comment

Followers

Pages

Sample Text

apalah
Powered By Blogger