Subscribe to RSS Feed

GAYA DAN ETIKA PERGAULAN BANGSA INI

Sunday 28 December 2008 by Zulmaidi

Anak muda edentik dengan pergaulan. Perngaulan memiliki handle besar dari pembentukan karakter, watak, sikap, perilaku dari setiap anak bangsa ini khususnya kaum muda. Dan pergaulan jugalah yang mampu menciptakan tokoh – tokoh muda yang akan menjadi cikal bakal tokoh – tokoh tua akan menjadi manusia yang tak berakhlak, tak beridealis, tak bermoral, tak berkarakter positif, dan juga akan menjadi tokoh – tokoh penghancur negara ini, dengan sangat pelan dan berlahan mengerogoti negara yang sudah mulai rapuh. Gambaran nyatanya adalah penjabat pemerintahan dan wakil – wakil rakyat serta pengusaha – pengusaha yang rakus akan duniawi. Ataupun sebaliknaya pergaulan yang sehat bisa membawa negara ini melalui para pemuda – pemudinya ke tingkat kejayaan, ketingkat yang termakshur yaitu menjadi salah satu negara yang disegani, dihormati, dan menjadi contoh atau teladan bagi negara – negara lain yang menginginkan kemakmuran, kesejahteraan dan kejayaan.

Pergaulan tak lepas dari suatu obrolan, canda (joke). Pertanyaannya adalah obrolan apa yang dibutuhkan dalam suatu pergaulan agar kita tak menjadi manusia yang tak bernilai atau tak bermutu agar mampu mencetak generasi – generasi muda yang sehat rohaninya, bermutu yang insyallah bakal menjadi generasi tua dan bakal menjadi nakhoda bagi negara ini menuju kearah kejayaan, kemakmuran, kesejahteraan dll. Ataukah pergaulan yang sekarang sudah menjadi suatu tren dimana berisi obrolan – obrolan tak bermutu, tak berkarakter yang berbau ejekan, cacian secara langsung, perendahan martabat manusia, kesombongan, khayalan, narsis yang semuanya kosong, hampa yang sebagian besar topik dari pergaulan (obrolan) anak muda sekarang adalah bullshit ga mutu, tak berintelegensi, yang sudah mendarah daging dikalangan para pemuda kita, hal tersebut bukan suatu bentuk hinaan, ejekan ataupun sindiran itu telah menjadi suatu sapaan yang mengikat dan mempererat keakraban antar mereka sungguh ironis benar hal ini terjadi dinegara kita yang tercinta ini indonesia. Gambaran nyatannya adalah acara televisi ”four eyes”. Yang terbukti acara tersebut laris manis yang bagi kalangan masyarakat yang menggambarkan wajah negara ini.

Sama sekali tak bisa dibandingkan dengan gaya barat ato pergaulan barat, dimana mereka sering kali menguanakan ungakapan (slang) yang mengasah otak untuk dipecahkan, yang memiliki makna dalam. Inilah cara mereka menyampaikan maksud dari suatu obrolan. Menyapaikan Sutau ungkapan yang menyindir dengan mengunakan slang yang bergaya dengan bahasa tingkat tinggi. Yang acap kali mereka tak sadar atau lambat menyadari bahwa itu adalah suatu ejekan, ataupun sindiran yang kalau dipikir secara mendalam cukup mengena ke sasaran. Inilah gaya bahasa mereka yang mampu membuat lawan bicaranya tak sadar akan semua itu, luar biasa! kata – kata diracik sedemikian rupa hingga menjadi suatu untaian kalimat yang indah dan cantik didengar.

1 comments:

Post a Comment

Followers

Pages

Sample Text

apalah
Powered By Blogger