Subscribe to RSS Feed

Frame, Resource Block, and Resource Element In LTE

Friday 5 March 2010 by Zulmaidi

akhirnya saya dapat pencerahan juga.
Gini! untuk sesi ini kita dan saya akan coba memamparkan sedikit apa yang saya ketahuai dan saya pahami terhadap bentuk alokasi dari mapping data pada LTE, okey!
terlihat pada gambar dibawa, bahwa pada sistem urutan simbol - simbol data pada LTE terutama pada transmisi OFDMA, ya! karena pada LTE untuk downlink mengunakan OFDMA dan sedangkan pada uplink mengunakan SCFDMA.

Pada OFDMA, terdapat Frame, dimana frame tersebut berisi data - data generator atau data informasi yang telah diubah atau dimodifikasi kedalam suatu bentuk data yang berbeda (dimana data tersebut telah di modulasi terlebih dahulu dan kemudian di tumpangi suatu carrier). Nah...jika kita coret - coret diatas kertas maka data dari sekian banyak jenis data informasi akan terlihat seperti dibawa ini yaiut dalam "Frame". Untuk sumbu vertikal menandakan lebar bandwidth yang digunakan dalam skala frekuensi dan didalamnya terdiri dari subcarrier - subcarrier dengan jumlah yg banyak, sedangkan sumbu horizontal menandakan waktu atau time per frekuensi, dimana, disana disebut slot (jumlah slot).

sedangkan jika di Zoom in lagi maka, didalam frame akan terdapat "Resource Block" banyak resource block, didalam Resource block sendiri terdapat simbol - simbol OFDMA, untuk 1 slot terdapat 7 simbol OFDMA dan 12 subcarrier untuk masing - masing subcarrier memiliki lebar bidang 15 kHz, totalnya 180 kHz dalam 1 blok. di zoom in lagi, didalam Block terdapat simbol - simbol OFDMA tadi, yang masing - masing simbol menempati lebar bidang 15 kHz.

 apa lagi, ya! yang mau saya sampaikan. ya udah..dibaca aja dulu. kalau ada kripik dan salam *alah...maksudnya klau ada kritik dan saran. tolong di sampaikan ya, temen - temen. makasih.

4 comments:

  1. z
    7 March 2010 at 01:12

    http://10zz.blogspot.com/
    bgus

  1. muhamad.akbar
    8 March 2010 at 16:59

    mantaff bang jull..
    semanagtt..:D

  1. ade
    17 March 2010 at 14:20

    meragukan...............

Post a Comment

Followers

Pages

Sample Text

apalah
Powered By Blogger