Subscribe to RSS Feed

Lintasan jamak (Multipath)

Wednesday 19 January 2011 by Zulmaidi

Tanggal 19 Januari 2011

Lintasan jamak (Multipath)

Bangkit dari pembaringan,*ngucek-ngucekMataDgnJempolKaki. Hari ini ngapain ya.....Bergumam dalam hati. Nonton, TogaMas (toko buku itu...), Ngampus, Atau Karokean (td malem di sms temen, ngajak Olah vokal gitu deh). Cari sesuatu yang bermanfaat zul??? *tu suara dari mana (telisik punya tulusuk ternyata tu suara dari keset ane yang udah kotornya ga ketulongan. Nonton tu banyak kali faedahnya, pa lagi karokean, wah....tu bisa bikin suara ane yang falsnya melebihi bang iwan fals menjadi jernih, bening, dan serak - serak dahak karena ane sering latihan karokean gitu*jernih dari Bagdad, bening dari Turki, serak dari Zimbawe. ni anak ga perna nyadar juga ya*ni suara munculnya dari kaos kaki yang sebulan ga ane cuci yang berada persis di samping laptop ane, ternyata bisa ngomong juga ni barang. :D! sepertinya lama - lama semua barang dikamar ini bisa berbicara dan maki maki tuannya. Okey deh.....ane. Saya mau jelaskan sedikit tentang apa itu lintasan jamak atau multipath? yang acap kali kita dengan dalam sistem telekomunikasi. karena lintasan jamak merupakan salah satu penghalang yang nyata dalam sistem komunikasi dan hal ini tak dapat dihindari atau dielakkan dalam sistem komunikasi yang berbasis wireless krna. media yang digunakan untuk mentransmisikan data adalah udara atau alam bebas. free space.

               Dalam prakteknya isyarat yang diterima oleh bagian penerima (mobile site, MS) bukan dari lintasan tunggal (singlepath) tetapi dari lintasan jamak (multipath). Lintasan yang berbeda memiliki atenuasi dan variasi waktu terima akibat jarak tempuh maupun pemantul yang berbeda dari tiap lintasan.


            Gambar 2.7
 


            Pada Gambar 2.7 diilustrasikan isyarat yang ditransmisikan dapat menempuh sejumlah L lintasan, tiap lintasan memiliki atenuasi dan waktu tunda yang berbeda-beda. Jika isyarat dirumuskan dengan data yang ditransmisikan pada persamaan dibawah ini maka isyarat terima akibat pengaruh lintasan jamak dapat dituliskan sebagai.



Dengan αl merupakan atenuasi dari lintasan ke-l dan τl  merupakan waktu tunda akibat jarak tempuh yang berbeda.


0 comments:

Post a Comment

Followers

Pages

Sample Text

apalah
Powered By Blogger